Vyranianisa's Blog

Lubang Resapan Biopori

Posted on: December 8, 2009

Mengenal dan Memanfaatkan Lubang Biopori
Lubang Biopori atau Sumur Biopori belakangan ini ramai dibicarakan sebagai salah satu bentuk kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan.

Secara alami, biopori adalah lubang-lubang kecil pada tanah yang terbentuk akibat aktivitas organisme dalam tanah seperti cacing atau pergerakan akar-akar dalam tanah. Lubang tersebut akan berisi udara dan menjadi jalur mengalirnya air. Jadi air hujan tidak langsung masuk ke saluran pembuangan air, tetapi meresap ke dalam tanah melalui lubang tersebut.
Di daerah perkotaan, keberadaan pepohonan semakin tergusur oleh bangunan-bangunan sehingga lubang biopori menjadi semakin langka. Banyaknya pepohonan tidak selalu mengartikan akan ada banyak air yang terserap, karena permukaan tanah yang tertutup lumut membuat air tidak dapat meresap ke tanah.
Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibuatlah lubang resapan atau sumur resapan buatan manusia yang sekarang dikenal dengan lubang biopori. Biopori dapat dibuat di halaman depan, halaman belakang atau taman dari rumah. Lubang biopori sendiri umumnya dibuat dengan lebar kira-kira 30 cm, jarak antar lubang sekitar 50 cm-100 cm.
Tak ada ruginya membuat lubang biopori. Manfaat yang bisa didapat antara lain :
1. Mencegah banjir
Keberadaan lubang biopori dapat menjadi jawaban dari masalah banjir. Bayangkan bila setiap rumah, kantor atau tiap bangunan di Jakarta memiliki biopori berarti jumlah air yang segera masuk ke tanah tentu banyak pula dan dapat mencegah terjadinya banjir.
2. Tempat pembuangan sampah organik
Banyaknya sampah yang bertumpuk juga telah menjadi masalah tersendiri di kota Jakarta. Kita dapat pula membantu mengurangi masalah ini dengan memisahkan sampah rumah tangga kita menjadi sampah organik dan non organik. Untuk sampah organik dapat kita buang dlaam lubang biopori yang kita buat.
3. Menyuburkan tanaman
Sampah organik yang kita buang di lubang biopori merupakan makanan untuk organisme yang ada dalam tanah. Organisme tersebut dapat membuat sampah menjadi kompos yang merupakan pupuk bagi tanaman di sekitarnya.
4. Meningkatkan kualitas air tanah
Organisme dalam tanah mampu membuat samapah menjadi mineral-mineral yang kemudian dapat larut dalam air. Hasilnya, air tanah menjadi berkualitas karena mengandung mineral.

Cara Membuat Lubang Biopori :
1. Siapkan bor tanah atau alat melubangi tanah apa saja (gali pake sekop juga boleh mah kalo bisa kali). Pokoknya untuk membuat lubang lah. Kalo bor (manual atau listrik atau batre) emang cocok kalau mau lubang yang rapi dan lumayan cepat.

2. Gali tanah dengan  alat itu. Dalam = 1 meteran. Diameter lobang: 10-20cm-an.
3. Isi lubang dengan sampah organik (misalnya daun kering atau sayur, tapi jangan daging kayaknya sih, nanti malah ngundang hewan-hewan yang nggak asik ngubek-ngubek lubang kita).
4. Buatlah di sekeliling rumah, seperlunya, sepuasnya. (ihihihihi)
5. Tunggu sampai cacing-cacing itu beraksi. Kemudian nikmati hasilnya.
Perhatian:
1. Sebelom ngebor, cek dulu apa ada pipa, kabel, atau apalah yang tertanam di dalam tanah situ. Jangan sampe terus ngebor malah jadi masalah sekampung.
2. Selain itu, kalau rumahnya kayak rumah saya, ingat-ingat waktu hewan peliharaannya mati, ditanem di mana, dan berapa lama sebelumnya. Serem juga kan kalo ngebornya malah… em… hiiiiiy.
3. Jangan sampai terlalu banyak juga, beri jarak antar-lubang. Jangan terlalu dempet-dempet. Salah-salah malah nanti longsor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

categories

Pooh….

sun

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Naruto…?

Advertisements
%d bloggers like this: